Register

Lupa Password

Liawisata > Blog > Blog > Jangan Kesini! Bahaya Mengintai di Pulau Ini
Jangan Kesini! Bahaya Mengintai di Pulau Ini

Jangan Kesini! Bahaya Mengintai di Pulau Ini

Bila ada pulau yang dilarang didatangi, maka itulah Pulau Ilha da Queimada Grande di Sao Paulo Brasil .  Pulau itu berdiri terasing di Samudera Atlantik. Meski terlihat indah karena perpaduan tebing karang dan hutan tropis , pulau ini di sebut Snake Island atau Pulau Ular. Sesuai namanya, pulau dengan luas 43 Ha ini dihuni berbagai ular yang sangat mematikan.

Hampir semua penduduk Brasil mengetahui pulau tersebut, tapi kebanyakan dari mereka tak pernah bermimpi untuk pergi kesana. Sebab, pulau itu dihuni oleh sekitar 2.000-4.000 golden lancehead viper (Bothrops insularis), salah satu jenis ular paling mematikan di dunia. Jenis golden lancehead viper (Bothrops insularis) biasa disebut viper tombak emas. Namanya didapat karena kepala ular ini berwarna emas jika kena sinar matahari. Racunnya bisa membunuh manusia kurang dari satu jam.

Racun ular ini dapat membunuh manusia dalam waktu kurang dari satu jam. Banyak legenda lokal menceritakan nasib mengerikan yang menunggu siapa pun yang berani berjalan ke pantai “Pulau Ular” tersebut. Sebuah rumor yang beredar luas mengisahkan seorang nelayan malang yang mendarat di pulau tersebut untuk mencari pisang. Sehari kemudian, ia ditemukan tewas di perahu, dengan banyak gigitan ular di tubuhnya. Dari tahun 1909 hingga 1920-an, beberapa orang pernah tinggal di pulau tersebut, untuk membangun mercusuar. Namun menurut kisah lokal lain, penjaga percusuar terakhir dan seluruh keluarganya tewas ketika sekelompok ular merayap masuk ke dalam rumah melalui jendela.

Ular-ular yang terdampar di Queimada Grande tidak memiliki predator di atas permukaan tanah, sehingga mereka dapat bereproduksi dengan cepat. Tapi, mereka juga tidak memiliki mangsa di permukaan tanah. Untuk menemukan makanan, mereka memangsa burung migran yang mengunjungi pulau selama penerbangan panjang.

Saking bahaya, pemerintah Brasil mengontrol secara ketat kunjungan ke Queimada Grande. Bahkan tanpa larangan pemerintah sekalipun, Ilha da Queimada Grande mungkin tidak akan menjadi tujuan wisata top, sebab konsentrasi ular di pulau itu terlalu tinggi. Peneliti memperkirakan bahwa ada satu sampai lima ular dalam setiap satu meter persegi di beberapa titik di pulau itu. Satu gigitan dari golden lancehead viper bisa membunuh manusia dalam waktu kurang dari satu jam. Bisa ular tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal, nekrosis jaringan otot, pendarahan otak dan pendarahan usus.

pulau ular

Pun kalau harus kesana, diwajibkan membawa tim medis.

Hmm, bagaimana?

Justru bikin menantang atau enggak banget?

 

Email Subscriber
WEB VISITOR
Promo
Trip
  • 14DAYS FAVORITE FRANCE JUL-DEC

    14DAYS FAVORITE FRANCE JUL-DEC

    14DAYS FAVORITE FRANCE JUL-DEC   Hari 01, Jakarta – Milan Anda diharapkan berkumpul di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta untuk penerbangan menuju kota Milan di Italy. Hari 02, Milan (Italy) – Chamonix (France) (xx/xx/mm) Setibanya di Milan anda akan diantar menuju pusat kota Milan, kota cosmopolitan yang ramai dan terbesar di Italia untuk mengunjungi Duomo Cathedral […]
  • 12DAYS  FAVORITE SCANDINAVIA + BERGEN JUL-DEC

    12DAYS FAVORITE SCANDINAVIA + BERGEN JUL-DEC

    12DAYS  FAVORITE SCANDINAVIA + BERGEN JUL-DEC   Hari 01 : Jakarta – Helsinki (Finland) Anda diharapkan berkumpul di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta untuk penerbangan menuju kota Helsinki di Finlandia. Hari 02 : Helsinki (xx/xx/mm) Pagi hari Anda akan kami ajak untuk menikmati keindahan Istana Musim Panas Peterhof (tutup setiap hari senin dan akan digantikan ke […]