Wisata Backpacker 6 Hari Dari Jakarta – Chengdu – Jiuzhaigou – Zhangjiajie

Cina adalah salah satu negara yang banyak kita lihat dari televisi mulai dari tembok besarnya yang luar biasa hingga film-film Indonesia yang suka menggunakan latar belakang Cina. Hal ini membuat saya makin penasaran untuk mengunjungi Negri Bambu tersebut. Dua tempat yang ingin saya kunjungi ketika mengunjungi Cina adalah Zhangjiajie dan juga Jiuzhaigou. Mengapa? Anda pasti tahu mengapa saya ingin mengunjunginya jika membaca tulisan ini hingga habis.

Karena menyukai tantangan, kali ini saya ingin melakukan wisata dengan cara backpacker. Perjalaanan saya dimulai dari Jakarta. Dari Jakarta ada banyak rute yang bisa digunakan, untuk kali ini saya akan menggunakan rute dari Jakarta ke Chengdu karena akan mengunjungi Jiuzhaigou terlebih dahulu. Waktu tempuh antara Jakarta ke Chengdu memakan waktu kira-kita 18 jam dengan 1 kali transit di Hangzou. Di Hangzou saya menunggu transit kira-kita selama 8 jam lebih, seperti biasa menunggu memang sangat membosankan, sayangnya saya tiba di Hangzou sekitar pukul 24.00 sehingga agak sulit bagi saya untuk mencoba menikmati waktu menunggu tersebut. Keesokan harinya pada pukul 8 lebih saya meneruskan perjalanan saya untuk menuju ke Chengdu.

Ketika sampai di Chengdu waktu sudah menunjukkan pukul 11 siang lebih, saya langsung menuju ke tempat penginapan di daerah dekat Jinli, Chengdu memang bukan tempat wisata utama yang ingin saya kunjungi, tapi berhubung waktu kedatangan saya masih memungkinkan saya mencoba menikmati waktu liburan dengan sebaik-baiknya. Dari Airport di Sinchuan, Cengdu saya naik bus dengan nomor 82, dan turun ke Wu Hou Ci Station. Dari stasiun ini anda segera menuju ke hotel terlebih dahulu untuk meletakkan barang-barang saya, di Cengdu saya menginap di Jinli Home Hotel. Yang paling mengesankan dari hotel ini adalah pelayanan staffnya yang sangat hangat, meskipun beberapa fasilitas perlu dibenahi tapi cukup nyaman untuk tempat beristirahat. Dari hotel anda tidak bemalas-malasan karena saya ingin traveling saya kali ini penuh dengan pengalaman baru. Oleh karena itu saya segera melangkahkan kaki saya untuk menuju tempat wisata pertama saya di Chengdu. Setelah lelah putar-putar di kota Chengdu, saya kembali ke hotel untuk berisitrahat dan melanjutkan perjalanan esok saya ke kote Jiuzhaigou.

Dari Chengdu saya langsung terbang ke Jiuhuang, Jiuhuang merupakan salah satu tempat transit untuk mencapai Jiuzhaigou. Dari Chengdu ke Jiuhuang dibutuhkan waktu selama 1 jam penerbangan. Ternyata jaraknya masih cukup jauh. Sampai di Jiuhuang saya segera menuju ke Jiuzhaigou karena tidak ingin membuang waktu.

Sesampainya di sana saya langsung menuju ke hotel tempat menginap untuk beristirahat. Hotel yang saya gunakan kali ini adalah Jiuzai Resoirt Hotel. Hotel ini merupakan hotel bintang 4 di daerah tersebut. Hotel ini memiliki ruangan-ruangan yang cukup luas sehingga memuaskan untuk ditempati, hotel ini juga sangat dekat dengan lokasi wisata di Jiuzhaigou yaitu Jiuzhaigou National park. Hanya dibutuhkan waktu 5 menit dengan berkendara untuk sampai di tujuan. Makanan di hotel ini memiliki gaya China sehingga sangat cocok bagi saya yang ingin merasakan liburan yang benar-benar terasa di Cina. Sayangnya staff di hotel ini memiliki bahasa Inggris yang kurang sehingga sebaiknya anda membekali diri anda dengan bahasa Cina dasar untuk bisa berkomunikasi dengan lebih lancar.

taman-nasional

Keesokan harinya saya langsung bergegas mengunjungi Taman Nasional Jiuzhaigou. Disini ha pertama yang saya lakukan adalah melihat sekelilng di daerah tertinggi untuk melihat area yang menarik untuk dikunjungi. Setelah itu saya menuju ke Long Lake lalu ke Bourilang Junction. Berdasarkan tips yang saya dapatkan, saya datang sepagi yang saya bisa untuk bisa mendapatkan pemandangan indah Jiuzhaigou lebih puas selama seharian. Setelah puas, saya kembali ke hotel untuk istirahat karena keesokan harinya saya akan terbang dari Chengdu untuk pergi ke Zhangjiajie.

zhangjiajie-national-park-glass-bridge-3

Keesokan harinya saya langsung terbang ke Changsa dan melanjutkan perjalanan ke Zhangjiajie. Di Zhangjiajie saya mengunjungi salah satu wahana uji nyali yaitu Zhangjiajie Skywalk yang merupakan sebuah jembatan diantara 2 buah tebing yang sangat tinggi. Selain mengunjungi tempat wisata pemacu adrenalin ini, jembatan uji adrenalin ini bisa anda temukan di Avatar Mountain atau Tianmen Mountain yang merupakan taman nasional pertama di Zhangjiajie ini.

Setelah matahari mulai menurun, saya langsung bergegas untuk kembali ke hotel dan berisitrahat karena keesokan harinya saya akan melanjutkan perjalanan saya untuk kembali ke tanah air tercinta. Pengalaman backpacker selama hampir 6 hari ini merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan karena alam Cina yang masih benar-benar asri dan indah jauh dari polusi dan sangat menyegarkan.