Wisata ke Dieng, Kunjungi Tempat Keren Ini Yuk

Wisata ke Dieng, Kunjungi Tempat Keren Ini Yuk – Siapa yang tidak mengenal Dieng? Dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau adalah kawasan pegunungan yang berada di daerah Jawa Tengah. Secara administratif, Dieng dimiliki oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Dieng sebenarnya merupakan kawasan vulkanik yang tergolong aktif  dan bisa dikatakan juga sebagai gunung api besar yang memiliki beberapa puncak dan kepunden kawah. Nah, hal tersebut yang menjadikan daerah Dieng Plateau memiliki berbagai macam fenomena alam yang unik yang perlu Anda kunjungi.

Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Dieng, alangkah baiknya membaca hingga selesai artikel ini agar Anda mengetahu beberapa tempat menarik yang ada di Dieng, dan pastinya Anda akan mendapatkan sedikit informasi sebelum berkunjung kesana.

Telaga Warna Dieng

Telaga warna merupakan tempat wisata yang berada di kawasan Dieng yang letaknya di ketinggian 2000 mdpl (meter diatas permukaan laut). Telaga ini terlihat indah dan unik. Kenapa bisa? Telaga warna Dieng ini memiliki warna air yang dapat berubah-ubah, diantaranya ada warna merah, biru, hijau, putih, dan lembayung. Hal ini dikarenakan di dalam telaga tersebut mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sehingga perubahan warna air menyesuaikan cahaya matahari yang turun menyilaukan telaga tersebut.

Telaga Pengilon

Di kawasan Dieng terdapat telaga lainnya yang tidak kalah cantiknya. Telaga tersebut bernama telaga Pengilon. Lokasi keberadaan telaga Pengilon ini tidak jauh dengan telaga Warna, karena letaknya yang bersebelahan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke kedua tempat wisata yang unik tersebut. Berbeda dengan telaga warna, telaga pengilon ini memiliki warna air yang jernih, sehingga para wisatawan pun menamakannya sebagai telaga pengilon. Telaga ini dikelilingi oleh perbukitan yang masih asri dan hijau menjadikan Anda akan merasa betah berlama-lama di telaga pengilon.

Kawah Sikidang

Di tempat ini Anda akan diperlihatkan bahwa Dieng Plateau ini merupakan gunung api raksasa yang masih terjadi aktivitas vulkanik. Kawah sikidang memiliki luas 200 meter persegi sehingga Anda dapat melihat dengan jelas aktivitas tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati ketika mengunjungi tempat ini karena kawah tersebut masih mengandung belerang yang cukup tinggi sehingga Anda tidak diperkenankan mendekat ke kawah demi keamanan dan kesehatan para wisatawan.

Candi Arjuna

Mungkin ada orang yang tidak mengira kalau diatas gunung terdapat candi. Di Dieng terdapat sebuah candi yang memang tidaklah besar, candi tersebut bernama Candi Arjuna. Walaupun demikian, di tempat ini masih terdapat beberapa candi lagi seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra. Nah, para wisatawan biasanya menyebutkan candi-candi tersebut sebagai komplek percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang telah ditemukan, candi-candi tersebut dibangun pada awal abad ke-9 masehi yang hingga saat ini masih berdiri kokoh sebagai warisan budaya Indonesia yang harus tetap dilestarikan.

Gardu Pandang Tieng

Di Dieng terdapat gardu pandang Tieng yang dapat memanjakan Anda dalam melihat panorama keindahan alam Indonesia dari atas. Di saat pagi hari, pemandangan yang tersaji akan terlihat cantik karena Anda dapat melihat sunrise atau matahari terbit. Gardu pandang ini memiliki ketinggian  sekitar 1700 mdpl. Dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan gunung Sindoro, gunung Kembang, dan lahan-lahan pertanian hijau milik warga sekitar yang pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Demikianlah beberapa tempat wisata yang berada di kawasan Dieng. Apakah Anda tertarik mengunjungi Dieng? Yuk jangan lupa, jika Anda ingin ke Dieng hubungi tim Lia Wisata untuk kemudahan perjalanan Anda dari rumah hingga kembali ke rumah lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini