Menjelajah Taman Nasional Ulu Temburong Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara kaya raya yang jarang tampil dalam dunia internasional, baik dalam hal berita dan destinasi wisata jarang kita dengar. Namun jangan salah, Brunei Darussalam juga memiliki pesona wisata alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di negara ini.

Salah satu tempat wisata alam yang banyak mencuri perhatian para turis mancanegara adalah Taman Nasional Ulu Temburong. Taman ini sebenarnya masih menjadi satu kawasan dengan hutan kalimantan yang begitu luas meliputi tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Taman Nasional Ulu Temburong atau sering juga disebut dengan nama fathul park adalah taman nasional pertama yang didirikan di Brunei, dan dilindungi sejak tahun 1991. Taman ini terletak di Distrik Temburong di Brunei bagian timur.

Taman Nasional Ulu Temburong dianggap oleh banyak orang sebagai hutan hujan tropis terbaik yang dilestarikan di Pulau Kalimantan. Taman Nasional Ulu Temburong adalah surga bagi para ilmuwan dan semua orang yang menghargai kemegahan akan alam yang mengesankan.

Rute untuk menuju ketempat menakjubkan ini adalah dengan naik speedboat selama 45 menit menyusuri sungai, lalu dilanjutkan dengan naik bus sekitar 30 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan naik ke sebuah perahu tradisional untuk menuju tujuan akhir setelah sedikit mendaki. Setiap perjalanan yang dilewati akan terasa seperti sebuah petualangan yang menantang.

Di tempat ini juga terdapat “The Canopy Walkway” yang menjulang lebih dari 60 meter melebihi pepohonan disekitarnya. Dari sana, wisatawan dapat mengamati ekosistem yang sangat beragam. Terdapat juga beberapa rumah pohon yang saling terkoneksi yang dihubungkan oleh jembatan gantung. Di rumah pohon juga merupakan  tempat untuk melakukan pengamatan yang sangat baik.

Jika wisatawan ingin menuju kanopi yang berada dipuncak, wisatawan harus menaiki sekitar 1260 tangga. Sepanjang jalan biasanya akan menjumpai beberapa binatang hutan seperti rusa, babi liar dan burung enggang. Waktu yang paling pas mengunjungi tempat ini adalah sebelum fajar, karena pada saat fajar atau pagi hari hutan akan dipenuhi dengan burung dan binatang yang keluar mencari makan. Jadi suasana akan benar-benar terasa di hutan belantara yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Leave a Reply