De Gooyer Windmill

Melihat Kincir Angin Kuno De Gooyer Windmill Di Belanda

Belanda memang terkenal sebagai negeri kincir angin yang memiliki ribuan kincir angin yang berfungsi untuk mengontrol air laut agar tidak meluap kedaratan. Namun tahukah kamu kalau di Belanda terdapat kincir angin kuno dan tertinggi yang sudah ada sejak tahun 1600-an. Bahkan kincir angin ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Kincir ini bernama De Gooyer Windmill yang dibangun dengan material utama berupa kayu.

Saat pertama kali didirikan pada abad ke 16, nama kincir angin ini bukan De Gooyer Windmill. Pada waktu itu, nama kincir angin ini adalah The Funen Molen dan akhirnya nama tersebut diganti oleh pemerintah setempat menjadi De Gooyer Windmill. De Gooyer Windmill merupakan satu dari 8 kincir angin kuno yang masih tersisa di pusat kota Amsterdam. Kincir ini terletak di antara Funenkade dan Zeeburgerstraat, karena itu dikenal juga dengan nama Funenmolen. De Gooyer Windmill menjadi yang paling terkenal di antara 7 kincir angin di Amsterdam lainnya karena lokasinya yang paling dekat dengan kawasan bersejarah kota Amsterdam dan juga paling mudah dicapai oleh wisatawan karena tak jauh dari Maritime Museum.

Saat ini De Gooyer Windmill telah ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Belanda, namun sayangnya bangunan kincir ini tidak bisa lagi diakses oleh pengunjung. Pengunjung hanya diizinkan untuk menikmati kincir ini dari luar. Meskipun demikian, kincir angin De Gooyer tetap menjadi salah satu tujuan wisata popular di Amsterdam. Apalagi kincir ini juga berdiri berdampingan dengan tempat pembuatan bir (brewery) yang cukup terkenal yaitu Brouwerij ‘t IJ.

Selain dekat Brouwerij ‘t IJ, De Gooyer Windmill juga memiliki letak yang strategis yaitu di tepi kanal Nieuwe Vaart sehingga terlihat jelas oleh pengunjung yang sedang menyusuri kanal Nieuwe Vaart di atas perahu. Nah jika kamu ingin mengunjungi kincir angin ini alamat lengkapnya berada di Funenkade 5, 1018 AL Amsterdam sedangkan jam bukanya setiap hari pukul 14.00-20.00.

Leave a Reply