Royal Palace of Amsterdam

Istana Raja Amsterdam Yang Megah Nan Artistik

Istana Raja Amsterdam atau sering disebut dengan nama Royal Palace of Amsterdam merupakan satu dari tiga istana di Belanda yang berada dalam kekuasaan monarki berdasarkan Undang-undang Parlemen. Istana ini dahulu dibangun untuk digunakan sebagai balai kota selama Zaman Keemasan Belanda pada abad ke 17. Lokasi dari istana ini berada di sisi barat Alun-Alun Dam di pusat Amsterdam, tepatnya berhadapan dengan Monumen Nasional Amsterdam dan disebelah Nieuwe Kerk.

Sama seperti halnya bangunan-bangunan gedung yang ada di Amsterdam, istana ini juga didirikan dengan menggunakan gaya arsitektur khas Eropa klasik. Selain itu, bangunan ini juga memiliki ciri utama berupa kubah dan baling-baling yang diletakkan di bagian atas gedung.

Sejarah dari istana yang telah berusia 350 tahun ini, awalnya berfungsi sebagai Balai Kota (City Hall) Amsterdam. Pada tahun 1808, Raja Louis Napoleon Bonaparte mengubahnya menjadi Istana sampai dengan saat ini. Dan sekarang istana ini sudah tidak digunakan lagi sebagai istana kerajaan namun berubah menjadi sebuah museum.

Nah jika kamu ingin mengunjungi istana ini, tempat ini dibuka untuk umum hampir setiap waktu. Para pengunjung dapat mengagumi lantai marmer, lukisan-lukisan megah, patung-patung yang sangat indah, lampu-lampu gantung (chandeliers) berukuran sangat besar, ditambah dengan pameran yang diadakan setiap tahun. Ditempat ini kamu dapat menghabiskan waktu untuk melihat-lihat atau ikut dalam tur berkeliling istana berdurasi satu jam. Tur dengan pemandu ini akan membuat kunjungan kamu lebih berkesan dan informatif, namun kamu harus menghubungi penyelenggara tur untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dua minggu sebelumnya.

Leave a Reply