Jordaan

Menikmati Keindahan Jordaan Yang Terkenal Di Amsterdam

Jordaan merupakan sebuah distrik di sebelah Kota Amsterdam yang mempunyai banyak kanal. Distrik Jordaan merupakan bagian dari sejarah perluasan kota Amsterdam pada abad ke 17. Pada waktu itu, Jordaan bukanlah tempat yang nyaman, karena kanal-kanalnya yang berfungsi sebagai media transportasi namun juga dijadikan tempat pembuangan limbah rumah tangga. Jordan menjadi tempat yang kumuh di kota Amsterdam. Masyarakat miskin bersama kaum imigran mayoritas menjadi penghuni di kawasan ini. Alasannya adalah karena harga sewa di tempat ini terbilang sangat murah dibandingkan dengan kawasan lain.

Rumah-rumah mereka biasanya ditempati keluarga dengan jumlah anak yang banyak. Hal tersebutlah yang membuat Jordaan menjadi kawasan kumuh padat penduduk. Tercatat populasi di Jordaan pada tahun 1900 mencapai 80.000 orang. Namun diantara penduduk itu, ada seorang penulis terkenal Belanda yaitu Joost van den Vondel dan pelukis terkenal Rembrandt van Rijn. Sejak tahun 1970-an akhirnya kawasan ini ditata menjadi lebih baik dan saat ini hanya dihuni oleh 20.000 penduduk saja.

Setelah penataan, kawasan ini banyak dihuni oleh para pelajar, pengusaha dan seniman. Sekarang distrik ini menjadi kawasan paling terkenal di Amsterdam dan destinasi yang sering masuk dalam itinerary pariwisata. Saat berjalan-jalan di tempat ini, kita sering menjumpai jalanan sempit berbatu yang akan membawa pengunjungnya menuju pemandangan indah dari kanal-kanal, halaman yang tersembunyi, perumahan bersejarah, hingga jajaran galeri seni, bar, café, restoran dan pasar.

Sebagian rumah di area ini memiliki lempengan batu yang menunjukan profesi atau pekerjaan si pemilik. Sebagai contoh rumah seorang penjahit, maka lempengan batunya menunjukan ukiran gunting. Lempengan batu tersebut terpampang dengan beragam warna yang indah serta memiliki ukiran yang unik. Di sana kamu juga dapat mengunjungi beberapa museum, akan tetapi jangan lewatkan untuk mengunjungi Norderkerk sebuah gereja utama di Jordaan yang dibangun antara tahun 1620 dan 1623 dan masih aktif hingga sekarang.

Distrik Jordaan terletak hanya 5 menit berjalan kaki dari Central Station atau Dam Square. Kamu juga bisa menggunakan trem 3, 7, 10, dan 14 untuk menuju kawasan ini.

Leave a Reply