Kastil De Haar

Melihat Bangunan Bersejarah Kastil De Haar Di Belanda

Negara Belanda memang kaya akan bangunan bersejarah peninggalan masa lalu. Hampir disetiap kota terdapat bangunan tua seperti istana, kastil, gereja dan museum yang masih berdiri kokoh dan terawat. Oleh karena itu, tak heran jika hampir separuh lebih dari tempat tujuan wisata di Belanda kebanyakan peninggalam masa lalunya.

Salah satunya adalah Kastil De Haar yang indah dan berdiri kokoh hingga saat ini. Kastil De Haar ini berada dalam suasana pedesaan Haarzuilen yang tenang dan merupakan istana peristirahatan Pangeran de Haar yang berdiri di tengah danau. Kastil ini memiliki halaman dan taman yang sangat luas. Dalam setahun, istana ini hanya ditempati sebulan saja  yaitu sekitar bulan September selebihnya dibuka untuk kunjungan turis.

Kastil De Haar memiliki sejarah yang panjang, istana ini sepenuhnya direnovasi dan dibangun kembali pada akhir abad ke-19. Kastil De Haar juga merupakan kastil yang paling terkenal dan termewah di Belanda. Terdapat taman dan kebun yang luasnya sekitar 135 hektar. Dahulunya kastil ini ditempati oleh keluarga Baronal van Zuylen pada saat mereka masih hidup. Setelah itu pada akhir abad ke-19, Baron Etienne van Zuylen van Nijevelt menjadi pewaris syah dari kastil ini.

Sekarang sebagai penerusnya adalah lima cucu dan cicit dari Baron Thierry yang melanjutkan acara tradisi Hunian September. Mereka memang tidak ada hak lagi untuk tinggal di kastil De Haar, tapi mereka masih punya hak melanjutkan acara tradisi Hunian September setiap tahunnya.

Didalam kastil ini terdapat sekitar 200 kamar, termasuk 25 kamar mandi yang berukuran luas. Di ruang bawah tanah ada dapur dan area untuk pelayan. Terdapat juga ruang balroom yang digunakan sebagai ruang tari yang di rancang secara khusus untuk para bangsawan. Didalam ruangan inilah Baron dan Baroness menyelenggarakan berbagai festival, termasuk yang terkenal “Bal Masque” (ruang khusus bertopeng).

Buat kamu yang tertarik mengunjungi kastil ini, nantinya kamu akan disuguhi pemandangan taman-taman yang indah, danau serta parit yang mengelilingi kastil. Dan untuk menuju ke kastil De Haar jika kamu berasal dari kota Utrecht, akan menempuh jarak sekitar 20 menit dengan kendaraan pribadi.

Leave a Reply