Menjelajah Nepal ala Backpacker

Saat Anda memiliki rencana untuk melakukan perjalanan ala backpacker di wilayah Asia, ada sebuah negara di Asia Selatan yang tidak boleh Anda lewatkan, negara tersebut adalah Nepal. Nepal yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meskipun beberapa kuil bangunan bersejarah di Nepal yang luluh lantak sejak diguncang gempa bumi pada tahun 2015 lalu, tak menyurutkan para pelancong di kalangan para pecinta alam, backpacker, hobi trekking dan pendaki gunung untuk datang ke negara yang terkenal dengan Mount Everest dan Tibet ini.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Nepal ala backpacker tidak perlu khawatir, karena kami Lia Wisata memberikan beberapa tips sebelum Anda berlibur di Nepal ala backpacker.

Persiapkan Visa, Paspor dan TIket

Persiapan awal untuk berlibur, Anda perlu mempersiapkan visa, paspor dan tiket sedari sekarang. Di Nepal merupakan negara yang membutuhkan visa saat Anda berkunjung kesana, selain paspor tentunya. Anda tidak perlu khawatir akan ditolak, karena membuat visa ke Nepal termasuk mudah dengan harga terjangkau. Begitupula dengan tiket, dengan mempersiapkan sejak sekarang, Anda dapat hunting dengan harga yang murah.

Selain persiapan sebelum perjalanan menuju ke Nepal, Anda juga perlu mencari tahu transportasi apa saja yang dapat digunakan saat berada di Nepal. Bus, angkutan umum lain ataupun taksi, Anda dapat mencari informasi lebih detail tentang hal ini, mulai dari biaya perjalanan hingga kondisi fisik dari transportasi tersebut. Jika memungkinkan Anda juga dapat mencari persewaan mobil pribadi untuk berkeliling Nepal, khusus point terakhir ini dapat Anda pilih jika Anda bepergian lebih dari satu orang.

Catat Itinerary dan Tidak Impulsif

Hal ini dapat Anda persiapkan berbarengan dengan kapan jadwal Anda akan berlibur serta berapa budget yang Anda miliki. Dengan adanya itinerary dapat membantu Anda untuk menghitung keseluruhan budget yang Anda keluarkan dan menjaga Anda untuk tidak impulsif. Semisal Anda memiliki budget 5 juta, Anda dapat mem breakdown tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, jika melebihi budget, Anda dapat menghapus atau merencanakan ulang destinasi yang akan Anda kunjungi.

Bercengkrama Dengan Masyarakat Lokal

Salah satu kunci menjadi backpacker sejati adalah dapat berkenalan dan bercengkrama dengan masyarakat lokal. Selain Anda mendapatkan teman baru, bercengkrama dengan masyarakat lokal dapat mempermudah liburan Anda. Bukan bermaksud manipulatif, tetapi masyarakat lokal dapat menjadi resource buat Anda dalam hal apapun. Dalam hal ini, Anda dapat mencarinya bahkan sebelum Anda tiba di lokasi tujuan lho. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti couchsurfing. Salah satu keutamaan mendapatkan teman masyarakat lokal adalah, terkadang kita ditawari untuk singgah di rumahnya dan atau dapat menyewa kendaraan pribadinya tentunya dengan biaya yang relatif lebih mura. Seru kan.

Room Sharing adalah Kunci

Akomodasi adalah salah satu item liburan yang menghabiskan biaya. Akan tetapi Anda dapat mengakalinya dengan room sharing dengan teman perjalanan Anda. Namun apabila Anda tidak memiliki teman perjalanan, Anda juga tetap dapat menghemat dengan mencari penginapan yang menyediakan bedbunker atau tempat yang menyediakan beberapa tempat tidur di dalam satu kamar.

Nikmati Kuliner Lokal

Berperan menjadi masyarakat lokal, selain bercengkrama, Anda juga dapat membiasakan diri untuk menikmati kuliner lokal, selain dapat menghemat biaya perjalanan Anda, Anda juga dapat lebih dekat dan terbiasa dengan sekitar. Warung makan tentunya dapat menjadi pilihan untuk makan hemat Anda, sambil sesekali Anda dapat menikmati restoran enak yang terdapat disana.

Nah sekarang Anda bisa menjadi penjelajah Nepal ala backpacker di liburan selanjutnya. Awali liburan panjang Anda dengan membuat perencanaan mulai dari sekarang. Anda dapat membuat perencanaan liburan dengan menghubungi Lia Wisata di nomer 021 80808780 atau di whatssapp 0811 999 2925. Atau Anda dapat bertemu langsung di alamat Ruko Metland Menteng, Blok J No 19, Jl Menteng Niaga – Jakarta Timur. Selamat berlibur!

Leave a Reply