Museum Gentala Arasy

Keindahan Museum Gentala Arasy Di Jambi

Liburan ke kota Jambi serasa tak lengkap jika belum mengunjungi museum yang satu ini. Bernama Gentala Arasy yang merupakan museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Gentala Arasy sendiri merupakan singkatan “Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti”, yang merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk mantan gubernur Jambi yang berasal dari Kota Seberang Jambi. Museum ini diresmikan pada 28 Maret 2015 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menara Gentala Arasy dibangun di kawasan cagar budaya Kota Seberang Jambi yang menjorok ke pinggiran Sungai Batanghari. Museum ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi.

Pada sisi luar museum ini terdapat jembatan yang diberi nama pedestrian yang masih satu kesatuan dengan Museum Gentala Arasy. Jembatan pedestrian ini dikunjungi ribuan orang setiap harinya, terutama pada hari-hari libur. Pemandangan disekitar jembatan terkenal luar biasa cantik dan dihiasi lampu-lampu pada malam hari. Oleh karena itu saat ini Pemerintah Provinsi Jambi menjadikan Museum Gentala Arasy dan jembatan sebagai ikon baru wisata Kota Jambi.

Selain itu, Museum mini di Gentala Arasy juga menyimpan ratusan naskah-naskah dan kitab-kitab kuno Islam. Ada juga benda-benda bersejarah khas Islam, seperti pakaian, jubah, tasbih, serban, sabuk, sal, rompi, mangkuk, piring, gelas, keris, stempel, uang logam kuno, dan sebagainya yang merupakan pemberian dari Ulama-ulama.

Sementara di halaman Menara Gentala Arasy, juga terdapat relief dua dimensi perjalanan penyebaranu Islam. Di atas bangunan menara juga terdapat jam besar yang mengadopsi menara jam di Makkah. Di sekitaran menara juga telah berdiri kios-kios yang merupakan sentra wisata untuk menyuguhkan aneka kuliner khas Jambi dan masakan dari beberapa daerah lain di Indonesia.

Nah jika kamu ingin mengunjungi Gentala Arasy, museum ini berlokasi di Arab Melayu, Pelayangan, Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi. Jam kunjungnya sendiri mulai dari hari Senin – Jumat pukul 8.00-16.00 dan Sabtu – Minggu pukul 8.00-13.00. Untuk masuk ke museum dikenakan tarif masuk yaitu untuk anak sebesar Rp 1.500 dan dewasa Rp 2.000.

Leave a Reply