Taman Nasional Way Kambas

Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas memang sudah terkenal hingga dunia internasional. Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman ini berdiri pada tahun 1985 yang merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Saat ini PKG telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.

Selain Gajah, di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah. Hewan lainnya yang hampir punah dan berada di Way Kambas di antaranya Badak Sumatra, Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, Mentok Rimba, Buaya Sepit. Ada juga spesies tanaman yang dilindungi dan banyak ditemukan di Way Kambas antara lain Api-api, Pidada, Nipah dan Pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Untuk menuju taman nasional ini, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, bisa menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Bila berangkat dari Jakarta, bisa menggunakan pesawat menuju ke lampung. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan taksi atau bus dan turun di kota metro. Turun di desa gajah batu. Kemudian, naik ojek menuju ke pintu masuk taman nasional way kambas.

Bila menggunakan bus, perjalanan bisa dimulai dari terminal kampung rambutan. Naik bus menuju ke pelabuhan merak. Kemudian turun di pelabuhan dan antri tiket menuju ke pelabuhan bakauheni. Dari sini kamu bisa menggunakan bus menuju ke terminal Raja Basa Tanjung Karang. Dari terminal Raja Basa dapat melanjutkan perjalanan menuju Labuan ratulama dengan bus dan melewati lintas timur sumatra. Turun di desa batu gajah dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek. Kemudian, turun di gapura taman nasional way kambas.

Apabila kamu masih bingung atau ragu dengan menggunakan transportasi umum. Alangkah baiknya menggunakan jasa tour and travel yang sudah menyediakan paket perjalanan menuju ke kawasan ini.

Leave a Reply