Melihat Reruntuhan Kota Ephesus Di Pesisir Barat Turki

Reruntuhan kota Ephesus merupakan salah satu objek wisata yang populer di pesisir barat Turki. Dahulu kota Efesus pernah terkenal dengan Kuil Artemis, salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno yang telah dihancurkan oleh pasukan uskup agung Konstantinopel pada tahun 401 M. Namun masih ada beberapa struktur yang masih dapat dilihat termasuk Great Theater dan Perpustakaan Celsus.

Ephesus pada awalnya adalah kota Yunani kuno, namun kemudian direbut dan mengalami kejayaannya pada masa kerajaan Romawi. Sejarahnya kota ini pernah hilang akibat gempa bumi, namun kemudian dibangun kembali dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Turki. Situs reruntuhan kota kuno ini berada di Kota Selcuk Provinsi Izmir.

Provinsi Izmir terletak di Turki sisi Asia yang dapat ditempuh kurang lebih 1-1,5 jam melalui udara atau 9-10 jam perjalanan melalui jalur darat dari Istanbul. Kota ini juga merupakan kota paling penting yang menjadi salah satu pintu masuk utama negara Turki.

Epheses atau Efes dalam bahasa Turkiye sebenarnya hanya merupakan reruntuhan sisa-sisa dari sebuah kota kuno, namun keindahan kota kuno ini masih jelas tergambar. Wisatawan dapat melihat secara langsung bagaimana dahulu kemegahan kota ini pada masa kejayaan bangsa Romawi, mempelajari budaya masyarakatnya dan melihat apa saja fungsi dari setiap bangunan yang berada di kompleks reruntuhan.

Namun saat ingin berkunjung ke Ephesus ada baiknya untuk menyewa seorang tour guide yang menawarkan jasanya. Ada banyak sekali jasa tour guide yang terdapat di pintu masuk. Karena dengan menggunakan tour guide, selain mendapatkan gambaran utuh tentang sebuah sejarah yang pernah terjadi di sini, juga informasi yang di dapat cukup akurat.

Leave a Reply