Pasar Tertua Yang Megah Dan Terbesar Di Dunia

Istanbul sejak dahulu sudah terkenal sebagai tempat wisata belanja di kawasan Eurasia. Di Turki sendiri menawarkan banyak tempat wisata belanja favorit, mulai dari yang kuno hingga modern semuanya ada di sini. Salah satu tempat belanja yang tidak boleh terlewatkan saat berada di Turki adalah Grand Bazaar di Istanbul. Grand Bazaar  telah menjadi pasar kuno tertua di dunia yang menyajikan beragam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Turki dengan harga yang cukup terjangkau.

Grand Bazaar di Istanbul memang telah populer sebagai surga belanja oleh-oleh serta menjadi tempat wajib untuk dikunjungi saat berada di Turki. Tempat ini mirip dengan Khan el-Khalili di Kairo, hanya saja Grand Bazaar lebih luas. Grand Bazaar (Kapalicarsi) adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Dahulu, pembangunan pasar ini dipelopori oleh Sultan Mehmed II pada tahun 1455.

Saat ini Grand Bazaar telah berusia lebih dari 500 tahun. Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1455 pada pemerintahan Kekhalifahan Ottoman dan bertahan hingga kini. Lokasinya terletak di kompleks kota tua Istanbul, tepatnya di Distrik Fatih, dekat dengan Masjid Biru dan Museum Hagia Sophia. Jadi, saat mengunjungi tempat-tempat tersebut bisa sekalian mampir di Grand Bazaar. Cukup dengan berjalan kaki setelah mengunjungi Masjid Biru yang megah dan eksotis. Selain itu, juga bisa ditempuh dengan menaiki kendaraan trem di Istanbul.

Grand Bazaar memiliki luas 54 ribu meter persegi, dengan 61 jalan tertutup dan terdapat lebih dari 3.000 toko. Tempat ini biasa menarik pengunjung sebanyak 250.000 hingga 400.000 orang setiap harinya. Pada tahun 2014, pasar ini tercatat sebagai tempat wisata yang terbanyak dikunjungi di seluruh dunia dengan total pengunjung 91.250.000 orang. Antar satu blok toko dengan toko lainnya dipisahkan oleh jalan-jalan layaknya sebuah lorong bawah tanah. Namun yang membedakannya lorong-lorong di Grand Bazaar penuh dengan nilai seni. Selain kerlap-kerlip cahaya, pada dinding di Grand Bazaar ini sangat indah dan terdapat banyak lukisan. Pasar ini mulai dibuka dari pukul 09.00 hingga 19.00, kecuali di hari Minggu dan hari besar tutup.

Leave a Reply