Fenomena Alam Aurora Yang Begitu Indah Di Langit Malam

Aurora atau cahaya kutub merupakan fenomena alam yang terjadi karena adanya pertemuan antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi. Cahaya Aurora sering terlihat di daerah kutub utara atau selatan dan jarang sekali terlihat di daerah katulistiwa. Aurora yang terkenal adalah Aurora Borealis (di kutub utara) dan Aurora Australis (di kutub selatan).

Aurora akan menampilkan banyak warna, namun yang paling sering muncul adalah warna hijau muda dan pink. Warna lain seperti merah, kuning, hijau dan biru juga pernah beberapa kali muncul. Cahaya dari Aurora akan menampakkan bentuk berbagai macam obyek seperti bentuk pita, busur panah, menyerupai wajah dan lain-lain. Warna cahaya Aurora terbentuk oleh jenis dari partikel gas yang bertabrakan. Misalnya warna hijau muda kekuning-kuningan yang merupakan warna yang sering muncul, dihasilkan oleh molekul oksigen yang terletak sekitar 97 km (60 mil) dari bumi. Sedangkan warna lainnya yang jarang muncul, seperti merah dihasilkan oleh molekul oksigen dari ketinggian 322 km (200 mil). Sedangkan nitorgen menghasilkan warna biru atau merah ke ungu-unguan.

Walaupun Aurora terbentuk oleh proses alamiah, namun masih saja ada mitos yang tersebar di berbagai belahan dunia mengenai Aurora. Seperti halnya mitos yang tersebar di Romawi yang menyebut Aurora sebagai dewi fajar. Lain halnya suku Maori di Selandia Baru yang  percaya bahwa cahaya Aurora adalah refleksi dari obor atau api unggun. Suku Indian Menominee di Wisconsin Amerika percaya bahwa cahaya Aurora mengindikasikan lokasi keberadaan para raksasa yang merupakan roh dari “pemburu dan nelayan hebat”. Suku Inuit di Alaska percaya bahwa cahaya Aurora adalah roh dari binatang-binatang buruan mereka, seperti: anjing laut, salmon, rusa dan ikan paus. Suku aborigin percaya, bahwa cahaya Aurora adalah kumpulan roh dari anggota komunitas mereka yang telah meninggal.

Berbeda lagi motis yang tersebar di masyarakat Jepang dan Cina yang percaya bahwa cahaya Aurora bisa memberikan efek kesuburan dan lancarnya proses kelahiran dari bayi yang mereka kandung. Mereka juga percaya bahwa proses terkandungnya seorang bayi dibawah cahaya Aurora kelak akan menjadi orang beruntung dalam masa hidupnya.

Untuk melihat cahaya Aurora dengan jelas, ada banyak negara yang dekat dengan kutub utara atau selatan menjadi tempat terbaik untuk melihat fenomena alam ini. Biasanya tersedia juga paket tour khusus yang menawarkan untuk dapat melihat keindahan Aurora.

Leave a Reply