fenomena langka aurora

Bagaimana Proses Terbentuknya Aurora ?

Bagaimana Proses Terbentuknya Aurora ? – Banyak wisatawan yang tertarik untuk bisa melihat fenomena alam bernama Aurora. Karena penampakan tersebut tidak bisa dilihat langsung di negara kita tercinta. Sehingga kita harus melihatnya dari daerah-daerah yang berada di dekat medan magnet bumi. Seperti di sekitaran kutub utara maupun kutub selatan. Kebanyakan wisatawan cenderung menyukai ke arah utara. Dimana di arah utara terdapat Aurora Borealis. Di belahan bumi utara, banyak daratan atau negara yang bisa digunakan untuk melihat Aurora, sehingga cenderung lebih disukai dan dikunjungi oleh wisatawan dunia.

Bagaimana Proses Terbentuknya Aurora
Bagaimana Proses Terbentuknya Aurora

Mungkin banyak diantara kamu yang belum tau apa itu aurora? Aurora adalah pancaran cahaya yang menyalah dan bergerak di langit di lapisan ionosfer dalam suatu planet yang merupakan akibat dari adanya interaksi antara medan magnetik dengan partikel udara. Aurora sendiri hanya bisa terlihat di sekitaran kutub bumi. Yaitu di utara maupun selatan. Dimana yang sebelah utara bernama Aurora Borealis, sedangkan di sebelah selatan bernama Aurora Australis. Trus bagaimana aurora tersebut dapat muncul? Yuk lanjutkan pada bahasan dibawah ini.

Bagaimana Proses Terbentuknya Aurora ?

Pancaran partikel-partikel yang bermuatan memiliki energi yang tinggi dari matahari atau yang biasa dikenal dengan nama angin matahari (solar wind). Kecepatan angin tersebut sekitar 300.000 hingga 1.000.000 meter per detik dengan kerapatan sekitar 0.1 hingga 30 centimeter persegi. Angin tersebut tidak dapat langsung menyentuh bumi begitu saja. Hal ini dikarenakan bumi memiliki medan magnet. Selain itu, kerapatan atmosfer bumi yang mencapai sekitar 1.019 partikel per centimeter kubik ini menjadikan kemungkinan solar wind menyentuh bumi makin kecil.

Tetapi ada juga partikel angin matahari yang bisa menembus atmosfer bumi dan kemudian menabrak molekul-molekul udara. Tabrakan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya aurora yang berwujud cahaya yang memancar di langit. Sinar tersebut terbentuk dari molekul-molekul udara yang menyerap energi dari partikel angin matahari serta memancarkannya dalam bentuk cahaya yang tampak.

Warna-warni yang dihasilkan berasal dari benturan antara molekul udara dengan partikel dari angin matahari tersebut. Sebagai contoh, warna hijau yang nampak merupakan hasil benturan antara partikel elektron dengan molekul nitrogen. Warna merah dihasilkan dari benturan antara partikel elektron dengan molekul oksigen. Dan lain sebagainya.

keindahan Aurora
keindahan Aurora

Oleh karena itu, kamu jadi lebih tau bagaimana proses terbentuknya aurora dan dari mana muncul warna tersebut kan? Jangan lupa artikel baik ini bagikanlah kepada banyak orang, supaya mereka juga paham apa sih aurora dan bagaimana proses terbentuknya aurora. Sehingga mereka pun mendapatkan manfaat yang sama. Jangan lupa untuk melakukan perjalanan melihat keindahan aurora hanya bersama Liawisata. Untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi admin kami disini.

Leave a Reply