Hawa Mahal Jaipur India

Hawa Mahal Jaipur yang Terkenal di Jantung Kota

Hawa Mahal Jaipur yang Terkenal di Jantung Kota – India merupakan salah satu negara yang memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata yang menarik dan unik yang bisa kamu pilih ketika berada di negara ini. Jaipur adalah salah satu kota dengan berbagai tempat wisata yang unik dan menarik yang merupakan salah satu kota besar di India. Di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata dimana salah satunya adalah Hawa Mahal yang merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Hawa Mahal Jaipur Tempo Dulu

Berbicara mengenai Hawa Mahal Jaipur, tempat wisata ini dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh yang merupakan Maharaja pada Dinasti Rajput Kachwaha. Maharaja Sawai Pratap Singh merupakan cucu dari Maharaja Sawai Jai Singh yang terkenal pada jamannya.

Keunikan Hawa Mahal Jaipur

Hawa Mahal merupakan bangunan pertama kali yang dibangun dengan menggunakan batu pasir merah dan berbentuk Mahkota Krisna yang merupakan salah satu Dewa Hindu. Selain itu, bangunan tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk perwujudan arsitek Radjputana dimana bangunan tersebut dirancang seperti benteng sarang lebah. Bangunan tersebut memiliki banyak jendela kecil. Terhitung jendela tersebut lebih dari lima ratus buah. Bangunan tersebut memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Cukup tinggi memang untuk bangunan yang dibangun pada masa tersebut. Baca juga : Liburan asyik ke kota Jaipur India

Bagian dari Hawa Mahal Jaipur

Hawa Mahal Jaipur merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah yang megah dan mewah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunan ini pun terkenal dengan sebutan Istana Angin. Bangunan ini di rancang oleh seorang arsitek bernama Lal Chand Usta yang memiliki sekitar 953 jendela mata angin. Jendela sebanyak itu diperuntukkan supaya kondisi di dalam bangunan tersebut terjaga agar tetap dingin.

Lingkungan Sekitar Hawa Mahal Jaipur

Bangunan tersebut memiliki puncak dengan lima kamar. Dari bangunan ini kamu bisa melihat berbagai tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Hawa Mahal. Seperti Jantar Mantar, Candi, Govind Djevi, Fort Nahargarh, Amer Fort, Kuil Jain, BM Birla Pnetarium, dan lain sebagainya. Jika dilihat-lihat, kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik yang nanti akan diulas dalam artikel lain di website Liawisata ini.

Hawa Mahal dianggap sebagai kompleks istana kota Jaupur yang berbentuk seperti piramida. Hal ini pun bisa dilihat seperti mahkota yang menghiasi kepala Lord Krisna. Jika dilihat dari kejauhan, mahkota tersebut terlihat berwarna merah muda. Baca juga : Wisata di India yang menjadi favorit turis Eropa

Lingkungan di Dalam Hawa Mahal Jaipur

Pada saat ini, Hawa Mahal memiliki sebuah museum arkeologi. Dimana pada bagian atasnya terdiri dari dua lantai yang mana di ruangan pertama tidak ada tangganya dan satu ruangan lainnya digunakan untuk membawa tandu wanita kerajaan pada waktu itu. Di dalam Hawa Mahal terdapat sebuah ruangan yang diberi nama “Ruang Viaduct”. Ruangan tersebut digunakan oleh para wanita kerajaan sebagai salah satu ruangan bersenang-senang. Lokasinya berada di sebelah barat Hawa Mahal. Dahulu, ruangan ini ditutup dengan menggunakan layar batu yang indah. Di sampingnya terdapat sebuah jembatan setinggi 8.23 meter dengan lengkungan sekitar 3.33 meter yang dilengkapi oleh kubah dan drum yang berisikan bunga tulip nan cantik.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Hawa Mahal Jaipur. Bikin penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata tersebut kan? Nah, oleh karena itu, yuk segera hubungi tim Liawisata dengan cara klik disini sekarang juga. Dapatkan harga menarik untuk melakukan perjalanan wisata menarik ke India bersama keluarga tercinta.

Leave a Reply