Benteng Amber Jaipur India

Benteng Amber di India adalah Harta Karun Berharga

Benteng Amber di India adalah Harta Karun Berharga – India merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki banyak tempat wisata. Baik tempat wisata berupa keindahan alam ataupun mengenai tempat bersejarah. Berkaitan dengan tempat wisata sejarah, banyak juga tempat-tempat yang wajib untuk di kunjungi ketika berkunjung ke India. Hampir setiap kota di India memiliki tempat wisata berupa bangunan kuno yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Salah satunya adalah Benteng Amber atau biasa disebut sebagai Amber Fort.

Amber Fort awalnya adalah kawasan komplek istana yang berada di wilayah Amber. Saat ini nama Amber Fort dikenal juga dengna nama Jaigarh Fort. Letak benteng ini berada sekitar sepuluh kilometer dari pusat kota Jaipur. Jarak yang tidak terlalu jauh ketika kamu berkunjung ke tempat wisata di daerah Jaipur. Dan jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke benteng Amber tersebut. Pembangunan benteng tersebut material yang digunakan untuk membangun adalah dengan menggunakan batu pasir merah dan marmer putih.

Pembangunan Benteng Amber

Orang menganggap benteng ini sebagai harta karun pewaris keturunan suku Kacchwala. Suku tersebut merupakan salah satu suku tertua yang ada di Rajashtan sebelum Jaipur dinobatkan sebagai ibu kota pada tahun 1827. Keindahan benteng tersebut menjadi lengkap ketika danau Maotha yang dibuat menimbulkan refleksi cahaya yang memantul ke benteng. Sehingga benteng terkesan lebih mewah dan keren.

Benteng Amber Jaipur India

Pembangunan benteng tersebut dimulai pada thaun 1592. Dimana pada tahun tersebut pemerintahan dipimpin oleh Raja Man Sing II. Setelah beberapa tahun berjalan, benteng tersebut perlu dilakukan renovasi. Pada saat renovasi tersebut terjadi perubahan dari segi arsitektur. Dan renovasi tersebut dilakukan saat pemerintahan Raja Jai Singh II. Dimana hingga saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh dengan gagahnya.

Bagi penikmat arsitektur bangunan tua, pasti mengetahui mengenai struktur tampilan luar benteng Amber tersebut. Memang terkesan berbeda dengan aslinya. Apalagi jika dilihat dan dirasakan bahwa tampilannya sedikit agak kasar dan terjal. Sangat bertolak belakang dengan apa yang ada di dalamnya. Namun begitu kamu lihat bagian dalamnya dimana nuansa arsitektur Islam dan Hindu bersandingan sehingga menawarkan kesan yang indah, hangat, dan nyaman.

Arsitektur Benteng Amber

Bangunan di dalam benteng Amber

Karena keunikan benteng Amber tersebut, menjadikan wisatawan yang penasaran akan datang mengunjungi tempat wisata ini. Kualitas artistik yang proporsional tersebut menjadikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang datang mengunjungi tempat tersebut. Apalagi ada yang mengabadikannya sebagai kenang-kenangan mengenai momen indah di bangunan tersebut.

Ukiran yang terdapat di bagian dalam istana akan membuat kamu berdeca kagum. Hal ini dikarenaan ukiran tersebut sangat memperhatikan detailnya sehingga bisa dikataan pengerjaannya yang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi ya beginilah hasilnya bisa kamu lihat sendiri keindahannya. Terkesan eksklusif, halus, dan membuat para wisatawan yang datang terkagum-kagum.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa dibahas pada kesempatan kali ini tentang benteng Amber di India. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi benteng Amber di India ini? Jika belum, jangan lupa siapkan waktu untuk melakukan kunjungan wisata ke India bersama Liawisata. Apalagi bagi kamu yang suka wisata ke luar negeri. Pasti tempat tersebut akan membuat kamu merasa nyaman berada disana. Bagi kamu yang ingin info lebih lanjut mengenai perjalanan wisata ke India atau tempat lainya, silahkan klik disini sekarang juga.

Leave a Reply