Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau

Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau

Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau – Penyebaran virus corona di Indonesia yang sudah memasuki setiap daerah yang ada di Indonesia. Semua provinsi yang ada di Indonesia telah melaporkan bahwa di daerahnya ada warganya yang berstatus positif. Sehingga jika hal tersebut tidak di tangani dengan baik akan menjadikan transmisi lokal dalam kasus virus corona tersebut. Transmisi lokal maksudnya sudah ada di daerah tersebut yang menyebarkan kepada orang lain sehingga terjadilah penyebaran lokal dari satu orang ke beberapa orang lainnya. Baik secara sentuhan langsung ataupun melalui perantara barang yang di sentuhnya.

Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau

Persebaran virus corona yang tergolong cepat dan masif menjadikan setiap daerah mengajukan untuk melakukan rapid test untuk setiap warganya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persebaran virus corona tersebut menyebar di daerah tersebut. Selain itu, rapid test digunakan untuk mendapatkan data supaya pemerintah bisa langsung mengambil kebijakan untuk menahan atau mmbembatasi persebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

Cara Kerja Rapid Test

Ada beberapa merk yang digunakan untuk rapid test. Dua diantaranya adalah Wondfo dan VivaDiag. Kedua merk dagang tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melihat atau menguji antibodi manusia  yaitu IgM (Immunoglobulin M) dan IgG(Immunoglobulin G). Pada awalnya darah akan diambil dari ujung jari yang kemudian di teteskan ke alat rapid test tersebut. Kemudian menunggu sekitar 10 sampai 15 menit untuk mendapatkan warna yang dihasilkan dari sampel darah tadi. Metode ini dinamakan sebagai metode Lateral Flow Assy. Akan tetapi bagi seseorang yang mengikuti rapid test bisa jadi hasilnya negatif palsu. Hal ini karena seseorang tersebut belum atau tidak bergejala (asimptomatik) atau masih dalam masa inkubasi dimana IgM dan IgG belum dapat dideteksi oleh alat rapid test tersebut.

Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau
Mengenal Rapid Test yang Mungkin Kamu Belum Tau

Untuk itu, pasien yang mendapati hasil tesnya negatif akan dilakukan tes kembali di pekan kedua dimana bisa jadi jika memang pernah ada riwayat kontak dengan pasien positif bisa berubah hasilnya. Setelah masa inkubasi terlewati maka pasien akan memasuki fase awal infeksi yang ditandai dengan hasil dari IgM dan IgG bernilai negatif. Dari sini terlihat ketika tubuh terjadi infeksi maka yang naik terlebih dahulu adalah IgM. Dan ketika tubuh mulai membaik maka IgG akan ikutan naik. Nah, ketika IgM dan IgG hasilnya positif, itu artinya bahwa sang pasien berada pada masa infeksi aktif.

Demikianlah beberapa hal untuk mengenail rapid test yang umum dilakukan selama masa pandemi virus corona ini. Semoga dengan penanganan yang baik dari pemerintah dan turut serta warga masyarakat dalam memberantas virus corona ini, harapannya adalah semoga segera usai wabah ini. Semua kembali dalam keadaan normal, aktifitas kembali seperti biasa, dan kamu bisa kembali lagi mengeksplorasi berbagai tempat indah yang ada di Indonesia dan dunia bersama Liawisata.

Leave a Reply