Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19 – Selama masa pandemi ini, banyak orang yang melakukan semua aktifitasnya di rumah. Suasana berkumpul bersama keluarga menjadi sesuatu yang menyenangkan. Mungkin untuk dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu, hal tersebut terlihat menyenangkan. Tetapi ketika sudah masuk hitungan bulan, semua menjadi terasa penat, tidak sedikit yang sudah merasa suntuk atau stress. Sehingga akhirnya mereka harus mencari pelampiasan untuk bisa mengobati rasa suntuk tersebut. Tidak sedikit yang menjadikan makan sebagai salah satu solusi yang terbaik menurut mereka. Hal tersebut pun menjadi suatu obat dan akibatnya berat badan menjadi naik.

Menurut Psychology Today menyatakan bahwa tingkat keparahan pemicu stress mempengaruhi pola makan seseorang. Sehingga tidak sedikit orang yang stress pola makannya menjadi berantakan dan cenderung mengkonsumsi asupan yang tinggi gula, karbohidrat, dan lemak. Makanan tersebut bertindak sebagai obat penenang alami yang memberikan pikiran rileks tetapi berdampak pada buruknya kesehatan. Konsumsi makanan yang tinggi gula, karbohidrat, dan lemak dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, depresi, dan gangguan kecemasan.

Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19
Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Ketika seseorang mengalami stress, otak akan memompa produksi hormon kortisol dan adrenalin menjadi meningkat di dalam aliran darah. Pelepasan kortisol dan adrenalin inilah akan diikuti oleh pelepasan gula alami dari organ hati dan otot. Sehingga terjadi lonjakan energi supaya tubuh menjadi waspada terhadap ancaman stress.

Cara Mengatasi Berat Badan Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Salah satu hal untuk menjaga kondisi tubuh selama masa pandemi covid-19 ini adalah dengan mengatur pola makan. Berikut ini terdapat beberapa tips menurunkan berat badan dan mencegah makan berlebih pada saat pandemi yang dilansir dari Northwestern Medicine.

  1. Catat makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh bersama dengan besaran kalori yang masuk.
  2. Hindari untuk mengemil dengan membangun kesadaran dalam sebuah pertanyaan, “Apakah saya benar-benar lapar?”. Jika memang membutuhkan, silahkan pilihlah cemilan yang setara dengan maksimal 150 kalori per porsi dengan komposisi utama serat dan minim gula, garam, dan lemak.
  3. Ubah kebiasaan makan atau ngemil yang tadinya berada di depan televisi ataupun komputer, sekarang menjadi di meja makan.
  4. Aturlah menu untuk makan dan cemilan setiap harinya. Sehingga makan dan nyemil menjadi terpola baik secara waktu dan kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh
  5. Hindari tumpukan kalori dari jus yang mengandung pemanis buatan, minuman tinggi gula seperti boba, soda, dan minuman berenergi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi berat badan melonjak selama pandemi covid-19 ini. Memang tidak ada yang tau sampai kapan wabah virus corona ini ada di sekitar kita. Saat ini peran kita adalah dengan mengikuti anjuran yang diberikan oleh WHO maupun pemerintah untuk segera selesai masalah wabah ini. Semoga wabah ini segera berakhir dan kamu bisa kembali lagi jalan-jalan bersama Liawisata lagi.

Leave a Reply