destinasi bogor

Tips Memilih Agen Travel untuk Liburan

Seiring dengan perkembangan waktu, industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang pesat. Persaingan di dalamnya pun semakin ketat. Begitu banyak hal yang membuat orang tertarik mengikuti Agen Tour and Travel. Beragam paket wisata ditawarkan mulai ke dalam hingga ke luar negeri. Harga yang ditawarkan juga relatif murah.

Namun, banyak pula agen travel yang tidak bertanggung jawab alias bertindak curang. Mereka menjanjikan paket wisata menarik dengan harga murah, tetapi kenyataannya tidak sesuai dengan harapan.

Hal seperti itu tentu bukan sesuatu yang diinginkan, bukan? Maksud hati ingin refreshing dengan ongkos minim, tetapi justru ketidaknyamanan yang diperoleh. Nah, karena itu, sebelum Anda memilih agen travel yang tepat, simaklah tips jitu memilih agen travel untuk liburan di bawah ini.

1. Dapatkan Agen Travel Berdasarkan Profesionalitasnya Agen Travel

Jangan asal dalam memilih agen travel. Seperti halnya dalam memilih pasangan hidup, Anda juga harus jeli dan teliti dalam memilih agen travel. Agen travel yang profesional dapat menjelaskan secara rinci mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Tak ada salahnya mendengar pendapat teman dan kerabat yang berpengalaman dalam memakai jasa agen travel. Selain informasi yang didapat, hal tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum menjatuhkan pilihan. Pada dasarnya, pilihan perjalanan, semisal perjalanan keluarga, berkelompok/grup, petualangan, atau wisata pribadi, merupakan keputusan personal yang bertujuan sama, yakni ingin mendapatkan kepuasan dalam perjalanan dari segi apa pun.

2. Hindari Menetapkan Harga Murah Sebagai Syarat Utama

Banyaknya agen travel membuat persaingan semakin sengit sehingga banyak pula promo dengan harga murah yang ditawarkan untuk menarik klien. Ingatlah, jangan mudah tergiur promo harga murah yang ditawarkan agen travel. Harga yang murah tidak menjamin kualitas yang diberikan dapat memuaskan Anda.

Hal yang harus diperhatikan ialah rincian paket yang diberikan. Mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling. Pastikan semua fasilitas yang diberikan telah memadai dan tidak membuat repot.

3. Seberapa Luas Koneksi yang Dimiliki Agen Travel?

Anda harus memastikan agen travel yang dipilih memiliki koneksi kuat dengan sejumlah industri pariwisata pada umumnya, seperti asosiasi agen travel, maskapai penerbangan, perhotelan, sarana transportasi, atau perusahaan rental mobil. Agen travel yang memiliki koneksi yang luas menunjukkan bahwa agen tersebut kredibel atau berkualitas sehingga dapat dipercaya. Banyak pilihan dan informasi harga yang ditawarkan agen travel untuk Anda dengan dukungan koneksi yang dimilikinya.

4. Dapatkan Info Mengenai Rute Perjalanan yang Dikunjungi

Ketahuilah bahwa Anda harus memerhatikan rute perjalanan wisata. Pilihlah agen travel yang menawarkan paket wisata sesuai dengan keinginan. Hindari untuk tidak memilih agen travel dengan paket wisata kunjungan ke destinasi yang tidak Anda tahu atau sulit ditemukan informasi mengenai tempat tersebut. Setidaknya, pilihlah agen dengan paket wisata kunjungan ke banyak tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Misalnya, dari 10 tempat wisata yang ditawarkan, ada 7 tempat wisata di paket yang memang ingin dikunjungi. Apabila ingin menikmati wisata sendiri daripada bersama rombongan di agen travel, Anda dapat memilih agen travel yang menawarkan kunjungan wisata lebih sedikit dengan waktu bebas yang lebih luas.

Leave a Reply