smarthphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Travelling

Begitu pentingnya peran smartphone dalam keseharian, membuat siapa saja seakan tidak bisa lepas dari gawai yang satu ini. Mulai dari mengirim pesan singkat, melakukan transaksi keuangan, memesan tiket, hingga mengabadikan momen dengan fitur kamera. Maka itu, saat momen liburan smartphone turut jadi benda yang wajib dibawa dan pantang tertinggal.

Namun sayangnya, saat traveling, Anda tidak selalu bisa mendapat fasilitas “colokan” listrik untuk mengisi daya baterai smartphone. Anda harus mengetahui beberapa tips untuk bisa menghemat baterai smartphone supaya awet saat dibawa bepergian. Ingin tahu apa saja? Keep on reading!

Perhatikan Jadwal Charge Smartphone

Saat sedang bepergian, penting untuk bisa mengatur waktu mengisi daya smartphone. Saat sedang traveling Anda bisa charge smartphone dalam keadaan mati pada malam hari sebelum Anda beristirahat supaya keesokan paginya baterai smartphone dalam keadaan penuh dan siap untuk dibawa traveling.

Tidak perlu khawatir baterai akan cepat rusak, karena hal tersebut terbukti hanya mitos belaka. Teknologi smartphone kini dilengkapi dengan stop system yang secara otomatis dapat memutus aliran listrik ketika baterai sudah dalam keadaan penuh. Namun perlu diperhatikan untuk memakai charger yang asli dan taruh di tempat yang tidak membuat smartphone menjadi mudah panas.

Ubah Pengaturan Cahaya

Salah satu faktor penyebab baterai smartphone cepat habis adalah pengaturan cahaya layar yang terlalu terang. Untuk dapat menghemat baterai smartphone selama traveling, Anda bisa mematikan opsi otomatis pada pengaturan brightness. Lebih baik untuk mengaturnya secara manual pada tingkat yang rendah tetapi masih nyaman di mata. Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu screen timeout dan auto lockscreen dengan waktu yang singkat untuk menghindari layar smartphone menyala terlalu lama saat tidak dibutuhkan.

Ubah Pengaturan Aplikasi Pada Smartphone

Banyaknya aplikasi dan notifikasi yang aktif juga berpengaruh pada cepat habisnya baterai smartphone. Menghemat baterai smartphone salah satunya juga bisa dilakukan dengan merubah beberapa pengaturan aplikasi selama sedang traveling. Pertama, Anda bisa menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan selama traveling untuk meminimalis penggunan baterai. Kedua, Anda bisa menonaktifkan opsi update secara otomatis untuk aplikasi, supaya tidak langsung update dan menguras baterai maupun kuota.

Hidupkan Mode Pesawat Saat Susah Sinyal

Saat sedang traveling, Anda tidak selalu berada di daerah dengan sinyal yang bagus. Pada saat itu smartphone akan terus mencari sinyal dan hal tersebut akan membuat baterai menjadi cepat habis. Untuk bisa lebih menghemat baterai smartphone, Anda bisa menonaktifkan akses data internet dan akses aplikasi yang membutuhkan kuota dan pemakaian baterai. Selain itu, jika sedang tidak terpakai Anda bisa mengaktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai smartphone Anda. Dengan demikian seluruh sinyal baik GSM, data, wifi, ataupun bluetooth secara otomatis dalam kondisi mati.

Tunda Waktu Untuk Upload ke Media Sosial

Traveling mengunjungi tempat baru dan menarik pasti membuat kita tidak sabar untuk segera membagikan pengalaman tersebut ke media sosial. Namun, terlalu sering mengakses aplikasi media sosial saat sedang traveling akan membuat baterai smarphone menjadi cepat habis. Untuk lebih menghemat pemakaian baterai, akan lebih baik kalau Anda menunda waktu untuk menggungah foto maupun video liburan ke media sosial. Manfaatkan saat liburan untuk memaksimalkan pengambilan foto maupun video sebanyak-banyaknya. Setelah bisa mengisi daya pada smartphone, Anda bisa memilih foto yang terbaik dan mengedit dengan lebih leluasa supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Leave a Reply