Salo Merungnge Bone. Sumber instagram Salo Merungnge

Manfaat Wisata Alam

Hidup di kota besar yang penuh dengan hingar bingar dan padatnya aktifitas terkadang membuat kita jenuh, lelah hingga stress yang membuat kesehatan kita menurun. Angkanya pun tak main-main, sekitar 450 juta jiwa penduduk di dunia mengalami gangguan kesehatan akibat stress dengan angka yang terus meningkat secara signifikan dan optimal setiap tahunnya. Pengaruhnya banyak, sedang di Indonesia sendiri sebagian besar masyarakat mengalami stress karena tekanan pikiran (Jesita Aristy Apritasari, dkk). Menariknya untuk meredakan stress tidak harus selalu menggunakan obat-obatan ataupun konsultasi ke psikolog, karena secara umum stress banyak disebabkan oleh aktivitas dan gaya hidup yang salah, tidak sehat dan monoton.

Salah satu cara untuk meredakan stress adalah dengan pergi berlibur, berlibur di alam bebas dan menikmati segala keindahannya. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa berwisata di alam terbuka dapat menghilangkan rasa jenuh, stress atau kepenatan akibat padatnya kegiatan sehari-hari, efek tenang dan nyaman muncul dari indah dan sejuknya alam meskipun lokasinya terpapar sinar matahari.

Berikut ada beberapa manfaat yang didapatkan apabila kita memilih berlibur di alam bebas, antara lain:

Mencegah Naiknya Hormon Kortisol

Hormon Kortisol adalah hormone yang bertanggung jawab atas terjadinya atau tidaknya stress di dalam tubuh. Meningkatnya hormone kortisol dipicu oleh meningkatnya rasa stress yang Anda rasakan. Para Ilmuwan Jepang menemukan adanya tingkat hormone kortisol sebanyak kurang lebih 12% dengan cara berjalan-jalan di hutan. Suasana, suhu dan hijaunya dedaunan mampu meredakan kecemasan dan stress yang tinggi.

Menimbulkan Rasa Bahagia dan Tenang

Pada hakikatnya, manusia itu menyukai hal-hal yang berkaitan erat dengan sumber hidupnya sendiri. Peneliti di Jepang menemukan adannya penurunan aktivitas otak manusia di area korteks prefrontal saat Anda meluangkan waktu menjelajah alam. Bagian otak tersebut, berfungsi merencanakan dan bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan serta pemecahan masalah. Sekedar berjalan-jalan di bukit, dapat merasakan efek meditasi dan relaksasi tubuh yang mana bisa meredakan stress dan kecemasan.

Istirahat Lebih Tenang, Tidur Lebih Lelap

Para ahli menyarankan untuk menyempatkan diri berada di bawah paparan sinar matahari pagi. Pancaran sinar matahari ke tubuh mampu membangkitkan semangat dan membuat pikiran Anda lebih positif, sehingga tubuh terhindar dari rasa gelisah dan stress. Dengan kondisi ini tubuh Anda akan lebih santai dan mampu istirahat lebih tenang di malam harinya.

Leave a Reply