Herd Immunity Adalah Solusi Saat Pandemi Covid-19

Menjaga Diri dari Wabah Covid-19

Disaat wabah virus Covid-19 ini menyerang setiap negara, berbagai hal perlu dipertimbangkan. Baik dari urusan kenegaraan sampai dengan urusan rumah. Saat ini untuk urusan keluar rumah pun harus dibatasi. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang tergolong cepat dan masif. Khususnya di Indonesia ini, saat ini persebaran covid-19 sesuai data dari website covid19.go.id per tanggal 4 Mei 2020 untuk pasien terkonfirmasi positif mencapai 11.192 orang. Untuk pasien dalam perawatan mencapai 8.471 orang, sedangkan untuk pasien yang sembuh mencapai 1.876 orang, sedangkan untuk pasien yang meninggal mencapai 845 orang.

Masih banyaknya masyarakat yang berstatus sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang mencapai 236.369 orang dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) mencapai 23.130 orang masih mengindikasikan bahwa kita bisa saja akan tertular. Sehingga berbagai langkah preventif harus dilakukan masing-masing. Saat ini kebijakan pemerintah untuk melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mulai diterapkan di berbagai daerah. Yang mengawali kebijakan tersebut adalah DKI Jakarta. Dimana kasus virus disana merupakan yang tertinggi saat ini. Dari mulai sekolah dan perkantoran sudah dibuat daring alias dilakukan secara online.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Wabah Covid-19

Saat ini seperti apotek, pasar, supermarket, dan toko masih buka seperti biasa akan tetapi dengan protokol sesuai anjuran dari pemerintah, dalam hal ini adalah kebijakan dari Kementrian Kesehatan. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan urusan di luar rumah, berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan sebelum keluar rumah.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Wabah Covid-19

Pertimbangkan Tujuan

Sebelum keluar rumah, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan apakah memang diperlukan untuk keluar rumah? Jika memang diperlukan seperti berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari dan bekerja, kamu harus mempersiapkan berbagai hal seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, dan lain sebagainya. Semua anjuran yang di berikan oleh pemerintah seyogyanya untuk dijalankan dan dipatuhi. Supaya kamu sendiri tidak terdampak virus corona dan orang lain pun aman.

Mengenakan Pelindung Diri

Untuk keluar rumah memang kamu tidak perlu menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) seperti para medis menggunakan saat bertemu dengan pasien covid-19. Akan tetapi kamu bisa menggunakan seperti masker kain yang bertujuan untuk memproteksi diri dan orang lain dari percikan air liur dari orang yang terinfeksi. Alangkah baiknya juga untuk menggunakan kaca mata. Bukan untuk gaya-gayaan, melainkan untuk melindungi mata dari percikan yang bisa mengenai mata kamu.

Hindari Penggunaan Transportasi Umum

Walaupun sehari-harinya aktifitas kamu memiliki ketergantungan dengan transportasi umum, tapi untuk kali ini tidak direkomendasikan. Hal ini untuk menjaga terjadinya kerumunan yang memungkinkan persebaran virus yang cepat. Jika memang harus menggunakan sarana tersebut, kamu harus memperhatikan hal-hal seperti sering-sering mencuci tangan dengan sabun, tidak memegang barang-barang yang bukan milik kamu, menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan kaca mata, dan utamanya jaga jarak.

Leave a Reply