Tips Mendapatkan Rapid Antigen di Jakarta

Tips Mendapatkan Rapid Antigen di Jakarta

Tips Mendapatkan Rapid Antigen di Jakarta – Libur Nataru (Natal 2020 dan Tahun Baru 2021) ini akan segera tiba. Banyak orang telah mempersiapkan rencana perjalanan, baik perjalanan wisata ataupun perjalanan lainnya. Baik persiapan daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi, kendaraan, dan lain sebagainya. Semua telah dipersiapkan dengan baik. Walaupun kebijakan pemerintah untuk mengurangi jadwal libur nataru ini, tetapi semangat wisatawan untuk berlibur tidak mengendur. Apalagi bagi yang memiliki jatah cuti yang masih cukup banyak. Pengurangan jadwal libur nataru ini salah satunya dikarenakan dari peningkatan kasus covid-19 pada libur-libur sebelumnya.

Tips Mendapatkan Rapid Antigen di Jakarta

Melihat kasusnya yang tidak segera melandai, malah tetap meningkat menjelang libur nataru, ada kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kebijakan baru tersebut adalah setiap orang yang akan keluar kota untuk wajib membawa surat rekomendasi hasil rapid antigen negatif. Hal ini merupakan kebijakan baru yang memang tergolong cepat dilakukan oleh pemerintah untuk menekan pergerakan grafik pasien positif covid-19 yang selalu naik. Selain itu, supaya setiap orang dinyatakan sehat sebelum melakukan perjalanan, baik perjalanan darat, laut, maupun udara.

Batas Tarif Tertinggi Rapid Test Antigen

Sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat, menetapkan bahwasanya batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen sebesar Rp 250.000 untuk Pulau Jawa dan Rp 275.000 untuk luar Pulau Jawa. Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran no. HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan pada tanggal 18 Desember 2020.

Rapid Test Antigen merupakan salah satu cara untuk mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus SARS CoV-2. Dan hasil dari tes tersebut hanya berlaku selama 14 hari saja. Untuk menjamin keamanannya, proses Rapid Test Antigen dilakukan oleh tenaga kesehatan  yang telah memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas kesehatan. Selain itu, standar operasional pun harus diterapkan dengan baik oleh tenaga kesehatan yang melakukan tugasnya. Bagi kamu yang berada di Jakarta dan bingung ingin melakukan rapid test, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Lokasi Rapid Test Antigen di Jakarta

Omni Hospital

Dikutip dari Alodoc, jaringan Omni Hospital melayani rapid test antigen untuk mendeteksi keberadaan virus corona di dalam tubuh. Jaringan-jaringan Omni Hospital diantaranya Omni Hospital Alam Sutera Tangerang Selatan, Omni Hospital Pulomas Jakarta Timur, Omni Hospital Cikarang Bekasi, Omni Hospital Pekayon Bekasi Selatan. Bagi kamu yang ingin melakukan rapid test antigen di jaringan Omni Hospital harus melakukan reservasi H-1. Hal ini untuk mengurangi antrian yang mengular dan memastikan keberadaan alat tes sehingga semua yang akan melakukan tes bisa terlayani dengan baik.

Mayapada Clinic

Klinik yang satu ini juga melayani rapid test antigen. Lokasi Mayapada Clinic berada di Jalan Jendral Sudirman Kav. 27, Setiabudi, Jakarta Selatan. Selain itu, ada juga Mayapada Clinic yang berada di Jalan Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Bagi kamu yang berlokasi dekat dengan Mayapada Clinic ini bisa mengunjungi klinik tersebut.

Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Lokasi Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini berada di kota Depok. Laboratorium ini mampu  memeriksa hingga 1.500 sampel tes corona untuk setiap hari. Selain untuk pengecekan rapid test antigen, lab ini juga melayani swab PCR. Sehingga bagi kamu yang memiliki gejala mirip dengan penderita covid-19 atau pernah bersinggungan langsung dengan penderita, kamu bisa melakukan tes di sini.

Klinik Tridatama

Bagi kamu yang berada di sekitar Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kamu bisa mengunjungi klinik ini. Klinik ini bisa melayani rapid test antigen, bahkan layanannya pun bisa dilakukan secara drive thru. Jadi bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu, layanan drive thru dari Klinik Tridatama ini bisa menjadi solusi.

Tips Mendapatkan Rapid Antigen di Jakarta

Banyaknya animo masyarakat untuk melakukan rapid test antigen, beberapa tips dari kamu khusus untuk pembaca artikel Liawisata.

Cari Lokasi Terdekat

Kamu bisa mencari klinik atau rumah sakit yang melayani rapid test antigen tersebut yang lokasinya terdekat dari tempat tinggalmu. Hal ini untuk menghindari kemacetan di jalan dan antrian yang cukup panjang.

Hubungi Klinik

Kamu bisa menghubungi klinik atau rumah sakit tersebut baik untuk menanyakan antrian atau bahkan melakukan reservasi. Saat ini banyak klinik atau rumah sakit yang mengharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu. Jadi jangan sampai waktu kamu terbuang sia-sia untuk mencari tempat rapid test yang melayani. Kamu cukup menggunakan telepon atau smartphone kamu untuk mendapatkan informasinya atau bahkan melakukan reservasi.

Datang Lebih Awal

Untuk menghindari antrian yang cukup panjang, kamu diharapkan untuk datang lebih awal. Selain kamu bisa dapat antrian terdepan, kamu juga tidak kebingungan ketika kamu belum mengetahui lokasi klinik atau rumah sakit tersebut. Jangan sampai karena kamu datang mepet-mepet waktu tes, ternyata di jalan kamu harus berjuang di tengah kemacetan.

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota, disarankan untuk segera mencari lokasi untuk rapid test antigen. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata tetapi nggak mau ribet, kamu bisa hubungi Liawisata saja. Dan pastikan perjalanan Anda tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Hal ini untuk tetap menjaga kesehatan kamu dan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Leave a Reply